Sambut Ramadhan, Warga Babakan Gelar Tradisi Budaya Keramas Bareng

 
Senin, 14/05/2018 18:44 WIB
Sambut Ramadhan, Warga Babakan Gelar Tradisi Budaya Keramas Bareng  (Ilustrasi: ) Sambut Ramadhan, Warga Babakan Gelar Tradisi Budaya Keramas Bareng

Lenteranews, TANGERANG – Sambut datangnya bulan suci Ramdhan 1439 Hijriah , Ribuan warga Kelurahan Babakan , Kota Tangerang  melakukan tradisi budaya keramas bereng di Sungai Cisadane Tangerang.

Keramas bereng di Sungai Cisadane Tangerang ini sudah menjadi kegiatan rutin atau tradisi bagi masyarakat Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Dimana, seluruh warga baik tua, muda maupun anak-anak berbondong- bondong untuk keramas bareng di tepi Sungai Cisadane.

Keramas bereng ini sebagai bentuk untuk membersihkan diri dalam melaksakan ibadah di bulan suci ramadhan.

Lurah Babakan, Abu Sofyan menerangkan, keramas bareng ini sudah menjadi tradisi warga Babakan dalam menyambut ramadhan. Intinya dari keramas bareng ini adalah untuk membersihkan diri serta meningkatkan tali persaudaraan.

“Keramas bereng ini menggunakan merang ( bekas padi ) yang dibakar, air merangnya digunakan untuk keramas. Tapi, ada juga warga yang menggunakan shampo,” papar Abu.

Dalam kegiatan tersebut, Nampak  para warga berkumpul di pinggir sungai , kemudian mandi dan keramas bersama-sama.

Wali Kota Tangerang  non aktif Arief R Wismanyah yang ikut menyaksikan kegiatan ini mengatakan bahwa tradisi  mandi keramas ini merupakan kearifan lokal warga Kampung Babakan yang sudah dilakukan sejak lama.

"Jadi kegiatan ini terus dilakukan untuk menjaga agar budaya ini tidak hilang sekaligus memperkenalkan ke anak-anak," katanya.

Berita Lainnya