Sosialisasi Partisipasi Publik Dalam Pengawasan Pilgub Banten

 
Kamis, 10/03/2016 19:39 WIB
Sosialisasi Partisipasi Publik Dalam Pengawasan Pilgub Banten (Ilustrasi: )

LenteraNews – Pandeglang -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten menggelar sosialisasi tentang Partisipasi Publik Dalam Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten Tahun 2017. Kegiatan tersebut digelar sebagai langkah antisipatif terhadap proses pengawasan yang dilakukan Bawaslu menjelang Pilgub tahun 2017. 

Menurut Komisioner Bawaslu Banten Divisi Pengawasan Eka Setya Laksana, bahwa pengawasan yang dilakukan oleh lembaga resmi maupun yang dibentuk oleh masyarakat akan menjaga pilkada sesuai koridor aturan yang ada. Bahwa kesuksesan pilkada merupakan kesuksesan bersama. Apalagi pilkada merupakan hajat bersama, maka pelaksanaan pilkada menjadi tanggung jawab bersama. 

“Oleh karena itu diperlukan kerjasama masyarakat, untuk terlibat dalam pengawasan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017,” ujar Eka saat melakukan Sosialisasi  Partisipasi Publik Dalam Pengawasan Pilgub 2017 yang dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Mathlaul Anwar, Pandeglang, Kamis (10/03/2016). 

Eka mengaku, meski saat ini tahapan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur belum berjalan, namun hal ini sebagai langkah pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang dilakukan baik oleh bakal calon maupun partai politik yang saat ini tengah melaksanakan penjaringan bakal calon di tiap-tiap partai politik di Provinsi Banten. 

“Bahwa tujuan pilkada adalah memilih pemimpin yang membawa kesejahteraan bagi rakyat. Namun bagaimana bisa terwujud kalau calon kepala daerah melakukan money politik. Orientasinya kalau terpilih akan mengembalikan modal yang dikeluarkan bukan mensejahterakan rakyat. Maka, dalam kontek ini dibutuhkan pengawasan yang masif dari berbagai pihak,” kata Eka. (dhi)

Berita Lainnya