Pelaku Usaha Pariwisata Belum Standarisasi

 
Selasa, 8/09/2015 18:42 WIB
Pelaku Usaha Pariwisata Belum Standarisasi (Ilustrasi: )

LenterNews – Serang - Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Disbudpar Banten Sapta Gumelar mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi dan pelayanan usaha bidang pariwisata di Banten, Disbudpar mendorong dan memfasilitasi usaha bidang pariwisata melakukan sertifikasi dan standardisasi, dorong dan fasilitasi. 

 

“Jadi kita jangan berpikir dulu bersaing dengan negara lain dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kita harus berusaha dulu agar pariwisata Banten mampu bersaing dengan daerah lain serta meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Sapta.

 

Dijelaskan Sapta, di Banten ini sebelumnya ada 13 jenis usaha bidang pariwisata. Sekarang ini sudah berkembang menjadi sekitar 54 jenis usaha bidang pariwisata. Ke 54 jenis usaha bidang pariwisata tersebut di antaranya, restoran, perhotelan, menyelam, vila, jasa boga, karaoke, pemandu wisata, arung jeram dan jenis usaha pariwisata lainnya.

 

“Kami bisa menjembatani para pelau usaha pariwisata di Banten, untuk ke Kementerian dan juga badan standardisasi nasional. Sudah banyak yang mengikuti pelatihan auditor,” katanya.

 

Sapta menerangkan, saat ini Disbudpar Banten juga mendapatkan kuota 50 orang untuk pelatihan auditor sertifikasi dan standardisasi bidang usaha pariwisata.

 

“Kendalanya, di Banten asosiasi bidang usaha pariwisata ini masih terbatas karena untuk sertifikasi dan standardisasi itu harus melalui asosiasi,” katanya. Dhi

Berita Lainnya