Maarif: Indonesia Sedang Menggali Kuburannya Sendiri

 
Rabu, 15/04/2015 11:25 WIB
Maarif: Indonesia Sedang Menggali Kuburannya Sendiri (Ilustrasi: )

LenteraNews – Nasional – Ketua Umum Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, menegaskan jika ada suatu hal yang hilang dari bangsa Indonesia saat kini, yakni kepentingan umum yang takluk oleh kepentingan pribadi, jika tidak di bendung, Indonesia sedang menggali kuburnya sendiri

Hal ini disampaikan Ahmad Syafii Maarif dalam talk show peluncuran bukunya “Islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan” di gedung CSIS, Jl. Tanah Abang III, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/04/2015).

"Bangsa Indonesia pingsan secara moral, banyak korupsi. Demokrasi Indonesia juga masih belum final, masih dalam proses. Mungkin karena bangsa ini masih muda. Banyak jatuh bangun. Tapi jangan biarkan begini. Politik kita juga lagi tidak bagus. Banyak politikus jadikan politik mata pencahariannya," lanjut Maarif.

Terkait itu, Maarif mengatakan, sekalipun umur demokrasi di Indonesia terhitung masih muda, bangsa ini tidak boleh kembali pada masa lalu yang penuh ketidakbebasan. Menurutnya demokrasi pada dasarnya adalah kesabaran, bukan ketidakpuasan.

"Walaupun demokrasi kita masih muda, kita tak boleh kembali ketidakbebasan. Demokrasi itu butuh kesabaran. Jangan karena tidak puas dengan pemimpin lalu bentuk partai baru," pungkas Maarif. (dbs)

 

Berita Lainnya