Kampung Berkelir Tangerang Jadi destinasi Wisata baru

 
Minggu, 30/07/2017 00:00 WIB
Kampung Berkelir Tangerang Jadi destinasi Wisata baru (Ilustrasi: ) Kampung Berkelir Tangerang Jadi destinasi Wisata baru

LENTERANEWS, Tangerang - Kampung Bekelir di RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, berpotensi menjadi destinasi baru di kota seribu industri dan sejuta jasa tersebut.

Di kampung ini, Anda bisa melihat hasil karya para pelukis jalanan, dan seniman dari berbagai negara yang menorehkan hasil karyanya di dinding-dinding rumah warga di lingkungan RW 01 tersebut.

Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata mengatakan, warga sekitar bersama para seniman dari berbagai daerah, dan sejumlah negara terlibat dalam kegiatan melukis atau membuat mural.

"Konsepnya dengan cara melukis dinding yang bertemakan kearifan lokal di Kota Tangerang," kata Andika, di Kampung Berkelir, Babakan, Tangerang, Minggu (30/7/2017).

Dia menjelaskan, para seniman bukan hanya melukis, juga memperkenalkan kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya. Adapun dinding rumah warga sebagai medianya.

Dalam pembuatan Kampung Berkelir ini, ada 300 rumah warga yang dijadikan media untuk melukis. Para seniman gambar dari Bandung, Yogyakarta, Cilacap, Semarang. Bahkan adapula seniman dari mancanegara, salah satunya dari Filipina.

"Mereka membuat lukisan tiga dimensi tentang ikon Kota Tangerang, seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Masjid Al Azhom dan masih banyak lagi yang lainnya," ungkapnya.

Penasaran seperti apa cantiknya hasil karya para seniman ini? Anda bisa datang langsung ke Kampung Bekelir yang lokasinya persis berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, sejauh Sungai Cisadane.

Pada pagi dan sore hari, cat minyak yang memantulkan cahaya akan menjadi pemandangan yang sangat indah. Kontras dengan pemandangan keharmonisan di sepanjang bantaran Sungai Cisadane.

"Kampung Bekelir ini membuktikan kalau Tangerang tidak miskin budaya, apalagi krisis identitas. Ini adalah salah satu bentuk mempromosikan kearifan lokal di Kota Tangerang," ucap Andika.

Berita Lainnya