Bawaslu Banten Lantik Panwaslu Kabupaten-Kota

 
Kamis, 26/05/2016 23:57 WIB
Bawaslu Banten Lantik Panwaslu Kabupaten-Kota (Ilustrasi: )

LenteraNews – Serang -- Jelang pesta demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten melantik 24 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) delapan kabupaten/kota di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (26/05/2016).

Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tanthowi mengatakan, pelantikan anggota Panwaslu tingkat kabupaten/kota tersebut merupakan hasil seleksi perekrutan yang digelar beberapa waktu lalu. “Dari 24 orang yang dilantik 30 persennya wajah-wajah lama,” kata Pramono kepada wartawan usai pelantikan.

Menurut Pramono, tingkat pemahaman anggota Panwaslu di tingkat kabupaten/kota untuk Pilgub Banten 2017 masih tergolong minim. Hal itu turut dipicu oleh hadirnya wajah-wajah baru yang mengisi Panwaslihkada di tingkat kabupaten/kota.

“Yang kita rekrut untuk menjadi Panwas kabupaten/kota sekarang ini kan banyak yang baru. Karena kebetulan wajah-wajah lama yang kembali ikut, ada yang gugur di tahap seleksi, ” ujarnya.

Ketua Bawaslu mencontohkan seperti Kota Tangerang Selatan yang saat ini Panwaslihkada diisi oleh tiga anggota yang kesemuanya adalah wajah-wajah baru. Belum lagi Kota Serang, Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak. “Kita butuh penyegaran, karena ada juga yang lebih dari lima tahun menjadi anggota Panwas. Kita pilih yang lebih muda, yang punya ambisi progresif,” jelasnya.

Menyiasati kondisi itu, Pramono menerangkan, pihaknya akan membekali wajah-wajah baru tersebut dengan pelatihan dan pembinaan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. “Nanti bisa kita lakukan pelatihan dan pembinaan secara berkesinambungan. Sehingga pada saatnya nanti sudah siap,” katanya.

Pramono juga mengingatkan kepada para anggota panwas kabupaten/kota agar menjaga netralitas dan tidak memihak kepada para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur. “Kami mengingatkan supaya para anggota Panwas yang baru dilantik untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis,” ujarnya.

Dijelaskan Pramono, Bawaslu berharap panwas menjaga profesionalitas dan inetgritas. “Saya berharap Panwas menjadi wasit yang baik pada Pilgub nanti, juga menjadi penitia yang baik. Yang jelas dari sisi penyelenggara tidak ada persoalan, dan tetap fokus pada kiprah para pasangan calon dan partai politik pada Pilgub nanti,” harapnya.

Pramono menambahkan, setelah pelantikan panwaslu kabupaten/kota nanti akan diadakan seleksi untuk Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan target selesai Agustus 2016 mendatang. Untuk mekanisme seleksi Panwascam akan diserahkan ke tiap-tiap Panwaslu kabupaten/kota, sedangkan untuk PPL nanti seleksinya diserahkan ke panwascam-panwascam yang sudah terbentuk,” imbuhnya. (dhi)

Berikut ini nama-nama anggota panwas tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Banten,

Kabupaten Tangerang: H. A. Zaki Fuady, Muslik, Zulfikar.  

Kota Tangerang: M Agus Muslim, Ilma Darojat, Hery Handani.

Kota Tangerang Selatan: Sahrudin, Izzatusolekhah, Aas Satiri. 

Kabupaten Serang: Hasan, Abdurrohman, Yadi.

Kota Serang: Rudi Hartono, Rohman, Ajat Munajat. 

Kota Cilegon: Sehabudin, Siswandi, Suwardi

Kabupaten Pandeglang: Nana Subana, Samsuri, Siti Masitoh

Kabupaten Lebak: Ade Jukroni, Odong Hudori, Samsu Bahri. (dhi)

Berita Lainnya