Bareskrim Tangkap Belasaan Tersangka Perdagangan Orang

 
Selasa, 16/08/2016 19:06 WIB
Bareskrim Tangkap Belasaan Tersangka Perdagangan Orang (Ilustrasi: )

LenteraNews – Bandara – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berhasil tangkap sindikat Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO) antar daerah, para pelaku sendiri berasal dari sejumlah daerah seperti, Kupang Nusa Tenggara Timu, Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Medan (Sumatera Utara) dan Pekanbaru Riau.

Selain menangkap para tersangka, petugas juga mengamankan 16 orang korban, ironisnya, diantara korbannya adalah anak masih dibawah umur. Sindikat ini sendiri merencanakan akan menjual para korbannya ke Malaysia.

Pantauan lentera, dengan pengawalan ketat petugas dari Bareskrim Mabes Polri menggelandang para tersangka dan juga korban,  saat tiba di terminal 1C kedatangan Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Pada Selasa (16/08) sore.

Sedikitnya ada 16 korban yang berhasil diamankan petugas dari tangan para tersangka, bahkan diantara para korban, mereka masih berusia anak-anak.

Para korban perdagangan manusia ini, rencananya akan dijanjikan sindikat ini untuk bekerja di Malysia, namun sebelum diberangkatkan keluar negeri, sindikat ini, memalsukan seluruh dokuman para korbannya.

Terungkapnya kasus perdagangan orang sendiri/ bermula dari adanya salah satu tki yang tewas akibat gantung diri/ yang diketahui akibat menjadi korban perdagangan organ manusia//

Brigjen Agus Andrianto Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengatakan, terungkapnya kasus ini, merupakan  hasil kerjasama dengan badan nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) dan kementerian social.

“ Modus yang digunakan para pelaku dengan memalsukan identitas korban sebelum dibawa ke malaysia untuk dijual,” terangnya.

selanjutnya para pelaku ini digelandang ke bareskrim polri untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, sementara para korban dibawa ke kementrian social. Nies

Berita Lainnya